12 Cara Mengatasi Laptop Blank - Kursus Komputer Programer Majalengka

12 Cara Mengatasi Laptop Blank – Software dan Hardware


Dewasa ini pemakai Laptop lebih tidak sedikit dibanding dengan pemakai PC karena dari sisi ukuran serta beratnya, laptop lebih praktis guna dibawa kemana saja. Meskipun berukuran kecil, tetapi laptop tetap dapat memberikan performa yang paling baik untuk sekian banyak  jenis pekerjaan. Banyak tipe laptop yang ditawarkan, dengan sekian banyak  fitur dan keterampilan yang diserahkan serta ukuran. Laptop yang berukuran lebih tipis dan mungil seringkali hanya dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tingkat enteng saja. (Baca juga: tips memilih laptop guna desain grafis , Penyebab Laptop Mati Sendiri) kursus komputer cepat pintar majalengka

Laptop butuh dirawat supaya masa pakainya dapat panjang. Bersihkan debu yang menempel pada laptop secara rutin, usahakan supaya arus istrik yang diterima laptop stabil, dan simpan laptop dengan baik andai tidak sedang dipakai. Usakan supaya laptop tidak terbanting ataur terbentur keras saat sedang dibawa/ dipindahkan. Minimalisir benturan yang terjadi pada laptop anda. Sebagai referensi mengasuh laptop, kamu bisa membaca: teknik menjaga laptop supaya tidak cepat rusak.

Namun walau telah diasuh dengan baik, laptop tetap dapat mengalami permasalahan. Salah satu persoalan yang barangkali terjadi ialah laptop merasakan blank, atau tidak terdapat tampilan sama sekali pada layar laptop. Laptop blank dapat disebabkan oleh sekian banyak  hal, baik tersebut permasalahan pada software/ Sistem Operasi atau pun permasalahan pada unsur hardware. (Baca juga: Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Cepat Habis , Cara Agar Baterai Android Awet)

Pada tulisan kali ini dosenIT akan menjabarkan mengenai teknik mengatasi laptop blank guna membantu kamu untuk menanggulangi permasalan tersebut.

1. Update driver

Driver yang tidak update dapat menyebabkan blanknya laptop, karena dapat jadi driver lama tidak menyokong hardware/ software teranyar dari laptop anda. Bagi itu kamu harus mengerjakan update driver VGA guna mengatasainya. Tapi bagaimana dapat mengupdate driver, bila tidak terdapat tampilan sama sekali? Tenang, kamu bisa membuka explorer melewati task manager dengan memakai keyboard. (Baca Juga: Fungsi Stabilizer , Jenis Jenis Power Supply dan Fungsinya)

2. Restore System

System Restoreberfungsi untuk mencairkan sistem, pulang seperti suasana system pada restore point yang sebelumnya sudah disimpan. Untuk mengerjakan ini kamu membutuhkan DVD atau bootable Flasdisk yang mengandung sistem operasi yang terinstal pada laptop kamu (baca juga: bahaya laptop tidak jarang diinstal ulang , Penyebab Tombol Power Laptop Tidak Berfungsi)


Pastikan kamu membuat Boot fom CD, serta Boot from USB berada diatas pilihan Boot from Hardisk pada BIOS menu supaya pililihan “Press any key to boot from CD or DVD” hadir pada laptop kamu (Baca Juga : Kursus terbaru pemasaran digital)

3. Repair System

Repair System dipakai untuk memperbaiki kekeliruan yang terjadi pada sistem operasi windows anda, andaikan untuk membetulkan file sistem yang merasakan corrupt. Untuk mengerjakan repair sistem, kamu juga mesti memerlukan DVD atau bootable Flasdisk yang mengandung sistem operasi yang terinstal pada laptop anda. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi , Macam-macam Software Jaringan)

Salah satu penyebab file sistem merasakan corrupt ialah adanya Virus yang menyerang laptop anda. Bagi itu kamu harus memberantas virus yang menyerang laptop kamu segera, sesudah blank pada laptop kamu teratasi. Anda dapat membaca: ciri ciri komputer terpapar virus untuk memahami apakah laptop kamu benar terpapar virua atau tidak.

4. Kosongkan Arus

Adanya program yang tidak berlangsung dengan baik, misalnya sebab laptop mati tiba-tiba sampai-sampai program tidak berlangsung dari nol dapat menyebabkan laptop merasakan blank. Bagi meyakinkan seluruh program berlangsung dari awal, kamu perlu mengosongkan arus yang terdapat di dalam laptop kamu (baca juga: tanda power supply komputer rusak).

Caranya, lepaskan seluruh sumber arus, tergolong baterai laptop. Lalu tekan tombol power sekitar separuh menit. Setelah tersebut pasangkan pulang suber daya laptop, dan hidupkan laptop laksana biasa. Baca juga: akibat bahaya mematikan komputer tidak cocok prosedur).

5. Overheating

Komponen yang merasakan overheating dapat menyebabkan laptop merasakan blank. Untuk tersebut usahakan matikan laptop anda, kemudian diamkan sejumlah lama sampai semua komponen menjadi dingin kembali. Sebaiknya periksa kipas pendingin pada laptop, bersihkan debu yang menempel dan pastikan putaran fan berlangsung dengan normal. Setelah yakin seluruh komponen sudah dingin, baru hidupkan pulang laptop. Laptop bakal kembali normal andai memang penyebabnya ialah overheating, dan komponen tidak mengalami kehancuran karenanya. (Baca Juga: Pengaruh RAM Terhadap Kerja Komputer , Penyebab Kerusakan Processor)

6. Lepaskan Hardware yang baru ditambahkan

Jika sebelum laptop merasakan blank, kamu menambahkan hardware baru pada laptop jajaki lepaskan hardware itu terlebih dahulu, kemudian restart laptop. Jika setelah kamu melepaskan hardware itu laptop pulang normal, bisa jadi besar penyebabnya ialah hardware tersebut.

Hal tersebut dapat terjadi andai laptop tidak mendukung hardware yang kamu pasang tersebut, atau driver merasakan corrupt. Bagi mengatasinya, usahakan uninstall driver, dan install pulang driver yang cocok (baca juga: teknik melihat spesifikasi komputer, Ciri Ciri Layar LCD Laptop Rusak)

7. Cek RAM

RAM yang bermasalah, laksana pinnya kotor atau bahkan rusak dapat mengakibatkan layar laptop blank. Bagi mengatasinya, kamu harus mencuci pin RAM yang kotor atau menggantinya andai RAM ternyata rusak. Anda dapat membaca ciri-ciri RAM komputer bobrok sebagai referensi. (Baca juga: Penyebab RAM PC Penuh)

Kebanyakan laptop mempunyai RAM yang dapat dibongkar pasang, sehingga kamu dapat dengan gampang melakukannya. Namun andai RAM pada laptop kamu built-in alias tidak dapat dibongkar pasang, bakal jauh lebih susah melakukannya. Namun seringkali komponen built-in lebih tangguh daripada komponen add-on.

8. Cek kabel Fleksibel LCD

Kabel luwes yang bermasalah dapat menyebabkan data dari processor tidak diterima dengan baik oleh panel display laptop anda. Biasanya kesusakan kabel ditandai dengan tampilan bergaris-garis, namun andai telah parah, laptop bakal blank. Bagi meyakinkannya, kamu bisa mengupayakan memasangkan kabel luwes lain yang berada dalam suasana baik. Jika memang kabel fleksibel kamu yang bermasalah, tampilan layar laptop bakal normal. (Baca pun : Penyebab Laptop Susah Dihidupkan , Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris)

Anda juga dapat mengetesnya dengan memakai layar monitor eksternal pada laptop anda. Jika monitor eksternal dapat menampilkan gambar dengan baik, bisa jadi besar kabel fleksibel, atau pun display panel kamu mengalami kerusakan.

9. Cek Panel Display

Di samping kabel fleksibel, kehancuran pada Panel Display layar laptop juga dapat menyebabkan laptop merasakan blank. Bagi mengeceknya kamu bisa mengupayakan menghubungkan laptop kamu ke layar monitor eksternal. Jika pada monitor eksternal, laptop kamu bisa memperlihatkan gambar dengan baik, maka Panel Display layar laptop kamu memang bermasalah. Namun andai Layar monitor eksternal pun blank, maka penyebabnya ialah hal lain. Sebagai referensi kamu untuk memahami apakah Panel Display laptop kamu mengalami kehancuran atau tidak, kamu bisa membaca: ciri ciri lcd laptop rusak.

10. Cek VGA

VGA yang mengalami kehancuran tentu saja bakal sangat dominan pada tampilan pada layar LCD/ LED laptop anda. Salah satunya mengakibatkan laptop merasakan blank. Bagi mengatasinya kamu harus memperbaiki/ mengubah VGA anda. Sebagai referensi kamu untuk memahami apakah VGA kamu mengalami kehancuran atau tidak, kamu bisa membaca:ciri ciri vga bobrok , Jenis – Jenis VGA Card

Untuk mengerjakan ini lumayan sulit, bila kamu tidak terbiasa melepas komponen memakai solder, usahakan serahkan pada ahlinya. Dibanding VGA dedicated semacam nVidia atau Ati, kehancuran pada VGA integrated laksana VGA Intel lebih jarang ditemukan.

11. Cek hardisk

Hardisk yang merasakan crash, entah sebab virus, usia yang sudah lumayan tua atau mungkin pun karena pernah terbanting dapat menyebabkan layar laptop blank. Anda dapat membaca ciri harddisk bobrok sebagai referensi. Sebelum menggantinya kamu bisa mengupayakan menggunakan program semacam Disk Repair Ulility guna memperbaikinya. Namun tidak boleh lupa guna terlebih dahulu membackup seluruh data penting kamu sebelum melakukannya. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless)

12. Cek Motherboard

Ini urusan terakhir yang diinginkan terjadi pada laptop anda. Cukup susah untuk mengejar bagian pada motherboard yang bermasalah guna dapat memperbaikinya. Biaya yang dibutuhkan untuk mengubah motherboard juga lumayan mahal. Namun andai memang motherboard kamu mengalami kehancuran dan tidak bisa dipebaiki, inginkan tidak mau kamu harus menggantinya. Sebagai referensi apakah benar motherboard kamu mengalami kerusakan kamu bisa menyimak ciri motherboard bobrok serta penyebab kehancuran motherboard.


Sekian tulisan mengenai teknik mengatasi laptop blank ini. Jika laptop merasakan blank sebab permasalahan pada software, kamu bisa mengatasinya dengan mengerjakan Update Driver, Repair System, atau Restore System. Selain persoalan pada software, persoalan pada hardware juga dapat menyebabkan layar laptop merasakan blank. (Baca pun : Penyebab Laptop Mati Total , Penyebab Laptop Restart Sendiri)

Untuk persoalan hardware kamu bisa mengatasinya dengan memeriksa kesehatan sejumlah komponen laksana RAM, Hardisk, VGA, Panel Display serta kabel fleksibel, atau pun motherboard. Di samping itu kamu juga dapat mencoba mengosongkan arus pada laptop guna meyakinkan supaya semua program berlangsung dari awal. (Baca juga: penyebab layar laptop blank , Processor Paling Tinggi Saat Ini)


Akhir kata, semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang kamu butuhkan. Jika terdapat pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan tidak boleh lupa berbagi ya bila kamu merasa tulisan ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih..

Posting Komentar

0 Komentar