Beberapa Masalah pada Komputer dan Cara Mengatasinya - kursus komputer majalengka

Beberapa Masalah pada Komputer dan Cara Mengatasinya

Ditulis Oleh : Tatang Muhaemin, 22 April 2019

Tak bisa di ditawar lagi andai kemajuan teknologi masa sekarang berkembang paling pesat di jagat raya ini. Hal ini dapat disaksikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah diciptakan oleh tangan-tangan terampil di dunia ini. Mulai dari inovasi simpel sampai yang menghebohkan dan mengguncang dunia.

Kemajuan teknologi memang sangat urgen untuk kelansungan kehidupan insan zaman sekarang. Teknologi sudah terbukti menunjang peradaban peradaban umat manusia. Dunia teknologi telah menolong perbaikan di sekian banyak  sektor, laksana ekonomi, industri, keuangan, pemerintahan dan beda sebagainya, di sekian banyak  belahan dunia dan tak terkecuali Indonesia.

cara,mengatasi,masalah komputer

Dalam bidang teknologi, ternyata komputer menjadi salah satu kemudahan penting dalam menunjang kelancaran proses kerja di lokasi tinggal maupun di perkantoran. Komputer yang bagus dan berkinerja baik akan menambah semangat kerja semua pemakainya.

Namun kenyataannya tidak jarang terjadi persoalan yang dirasakan oleh benda yang satu ini. Masalah terjadi saat komputer hendak dipakai sehingga memunculkan rasa kesal pada pemakai.


Ini menandakan sudah terjadi gangguan dan kehancuran pada unsur atau komponen tertentu dari komputer tersebut. Oleh sebab tersebut pada peluang ini bakal dibahasa gejala mula kerusakan sejumlah komponen komputer. Dalam urusan ini ialah motherboard, battery CMOS dan CPU. Mari ikuti satu per satu:

1.Motherboard

Ketika mengobarkan komputer terjadi gejala mengherankan dan tidak normal dimana layar monitor tidak memperlihatkan gambar. Sementara lampu LED (light emision diode) panel depan menyala. LED monitor tetap berkedip-kedip. Kipas pada catudaya (powersuply) dan cashing prosesor berputar. Speaker yang dipasang tidak memunculkan bunyi apa-apa.

Tindakan kesatu untuk menanggulangi masalah ini merupakan;
  • Cabut seluruh kabel power yang terhubung ke jaringan listrik. Misalnya, kabel data ke layar monitor, kabel keyboard/mouse dan seluruh kabel yang terhubung ke CPU.
  • Buka penutup kasing CPU. Buka sekrup yang terdapat dengan hati-hati.
  • Setelah kasing penutup CPU tersingkap segera lepas kabel arus dari power suply yang terkoneksi ke motherboard, harddisk dan floppy drive.
  • Card yang menempel pada motherboard laksana VGA, sound dan card lainnya segera dilepas sampai-sampai yang tersisa melulu motherboard saja.
  • Periksa suasana motherboard apakah terdapat yang terbakar pada chip (IC), transistor, elco, dan beda sebagainya.

Jika tidak ditemukan komponen yang terbakar berarti motherboard masih baik. Mengapa layar monitor tidak memperlihatkan gambar sedangkan motherboard masih dalam situasi bagus? Kemungkinan penyebab motherboard tidak bermanfaat karena gangguan pada program yang terdapat pada BIOS.

Nah Cuma tersebut yang pengarang dapat informasikan semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya..mari anda permudah hidup anda dengan teknologi manfaatkan teknologi kearah yang lebih positif

2.Baterai CMOS

Gejala mula yang teramati ialah munculnya pesan CMOS checksum vailur atau battery low (baterai lemah). Mengapa ini terjadi? Suplai tegangan ke IC CMOS/BIOS tidak normal. Akibatnya settingan BIOS pulang ke settingan standard pabrik. Konfigurasi dari hardware mesti disetting ulang.
Solusi masalah ini ialah segera mengubah baterai CMOS dan mengerjakan settingan ulang BIOS. 

3.CPU (central processing unit)

Ada dua fenomena yang terjadi pada sistem CPU komputer:

a.Hanging

Ini ialah gejala yang umum terjadi dimana sistem CPU sering merasakan ‘hang’. Apa penyebabnya? Ada sejumlah faktor penyebab terjadi hanging laksana badSector di harddisk dan virus. Ada pula persoalan pada hardware laksana memory telah kotor atau rusak.

Begitu pula motherboard yang kotor sebab debu atau merasakan kerusakan. Bisa jadi cooling telah melemah putarannya. Power supply tidak stabil dan tingkat kepanasannya terlampau tinggi.

Jika komputer sering merasakan hanging usahakan tidak boleh paksakan guna menggunakannya. Dampak yang lebih buruk bisa terjadi pada komputer laksana mati total atau mengakibatkan komponen beda terbakar. Silahkan perbaiki ke lokasi service komputer yang terdekat. 

b.Lamban/lamban

Komputer yang lamban dipakai akan menghambat kelancaran kerja. Oleh sebab tersebut perlu dicerna faktor penyebabnya. Di antaranya, space hardisk terlalu sarat atau terlalu tidak sedikit program dan aplikasi yang diinstal sampai-sampai memakan ruang harddisk dan memory. Di samping itu, bersarang virus dan harddisk menjadi badsector.

Mengatasi masalah ini segera kurangi muatan harddisk dengan melemparkan program atau software yang tidak dibutuhkan. Disarankan guna berhati-hati mencolokan flashdisk ke komputer. Pastikan flashdisk yang dicolokan tidak berisi virus berbahaya.
Nah, cuma tersebut yang pengarang dapat informasikan semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Mari anda permudah hidup anda dengan teknologi, memanfaatkan teknologi kearah yang lebih positif.

SEMOGA BERMANFAAT!! 😃😄

Posting Komentar

0 Komentar